Welcome


Click here for Myspace Layouts

Selasa, 13 Januari 2009

Perbedaan Penggunaan dan Fungsi Tabel pada MS.Word dan MS.Excel Penggunaan dan fungsi table di MS.Word


• Tidak bisa langsung menggunakan fungsi di dalam sel, harus dengan cara menggunakan menu bar [table], kemudian memilih [formula] untuk mengisikan fungsinya
• Apabila memasukan data berbentuk teks maupun angka, table di MS.Word tidak bisa membedakan data teks dan angka. sehingga statusnya disamakan.
• Di dalam formula table MS.Word tidak dicantumkan petunjuk pengerjaan selanjutnya.
• Fungsinya hanya sedikit tidak lengkap, hanya beberapa saja.
 Penggunaan dan fungsi table di MS.Excel
• Bisa langsung menggunakan fungsi di dalam sel
• Apabila memasukan data teks, MS.Excel akan mengenali data teks tersebut dan secara otomatis akan meratakannya di sisi kiri sel. Sedangkan apabila data angka yang dimasukan, MS.Excel akan mengenalinya sebagai data angka dan secara otomatis pula meratakannya pada sisi kanan sel.
• Jika di sel dituliskan rumus fungsi, maka secara otomatis akan muncul petunjuk langkah pengerjaan selanjutnya.
• Fungsinya sangat banyak, dari beberapa category fungsi.






 Type Data yang Digunakan pada Ms.Excel
 Konstanta
terdiri dari 4 jenis type data, yaitu :
 Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z, a-z, dan 0-9
 Numeric : Jika ada data yang akan kita proses dalam perhitungan atau dalam perator matematik, yang biasanya berjenis data numeric, kita tidak perlu memberikan diawal atau diakhir data dengan perubahan untuk data tersebut, misalnya memberikan tanda mata uang atau memberikan perubahan dalam bentuk decimal. Angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9.
 Date : Data tanggal, untuk memasukan data tanggal gunakan/(slash) atau – (tanda minus) untuk memisahkan penulisan data tanggal, contoh ketik 04/24/2003 atau 24-Apr-2003.
 Time : Data waktu, untuk memasukan data waktu berdasarkan system waktu 12 jam, dengan mengketikan data waktu dan tambahkan spasi, kemudian ketik keterangan pembagian waktu a atau p, contoh 7:37:15a, MS.Excel memasukan data waktu tersebut dengan tampilan data AM atau PM yang menunjukan pembagian waktu, apabila yang digunakan system waktu 24 jam, ketik data waktu tanpa menyertakan keterangan pembagian waktu a atau p.
 Formula
seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………).

Seperti :
I. Fungsi Bantu Statistik
1. AVERAGE
2. COUNT
3. COUNTIF
4. MAX
5. MIN
6. MEDIAN
7. RANK
II. Fungsi Matematik dan Trigonometri
1. ABS
2. INT
3. LOG
4. MOD
5. PI
6. ROMAN
7. ROUND
8. ROUNDUP
9. ROUNDDOWN
10. SQRT
11. SUM
12. SUMIF
III. Fungsi Date dan Time
1. DATE
2. DATEVALUE
3. DAY
4. DAY360
5. MOUNTH
6. YEAR
7. TODAY
8. NOW
9. WEEKDAY
10. TEXT
11. TIME
12. TIMEVALUE
13. HOUR
14. MINUTE
15. SECOND
IV. Fungsi LookUp dan Referensi
1. SHOOSE
2. VLOOKUP
3. HLOOKUP
V. Fungsi Teks
1. CHAR
2. CODE
3. FIND
4. LEFT
5. RIGHT
6. MID
7. LEN
8. LOWER
9. PROPER
10. REPT
11. TEXT
12. DOLLAR
VI. Fungsi Bantu Logika
1. AND
2. OR
3. NOT
4. IF

1 komentar:

Putri Mrvica mengatakan...

e .... boeh nanya lgi ga ?
fungsi yang pake tanda = sebelumnya,(yang jumlah nya bnyak tu),fungsi nya apa2 sja ?

Template Design n Modified by f4123n™