Welcome


Click here for Myspace Layouts

Kamis, 08 Januari 2009

Pengenalan Sistem komputer, Device komputer dan Program komputer

Sistem Komputer

Komputer yang kita kenal saat ini adalah hasil pengembangan teknologi elektronika dan informatika sehingga bentuk komputer yang asalnya berukuran besar dan makan tempat, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan besar. Kemajuan industri komponen elektronika IC (integrated circuit) telah mendorong terciptanya berbagai perangkat chip IC yang beragam dan mendukung berbagai keperluan pembuatan produk elektronik. Kemajuan teknologi elektronika tidak terlepas dari adanya kemajuan dibidang pengetahuan dan pengolahan bahan semikonduktor khususnya silicon.

Dalam dunia hiburan, dunia anak telah lama mengenal alat permainan game yang dikendalikan oleh sistem komputer. Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi (misalnya CNC, sebuah mesin serba guna dalam industri metal) sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya perusahaan topi bodir dapat memproduksi topi dengan kualitas gambar bordir yang seragam dalam jumlah banyak dalam waktu singkat.

Di perusahaan dagang seperti department store telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya saja.

Di bidang pendidikan, selain dijumpai sebagai alat bantu pelajaran, banyak peralatan laboratorium yang dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih teliti dan dapat mengatasi kendala hambatan indra manusia. Dari bidang pendidikan dan riset yang mempergunakan alat-alat demikian dihasilkan berbagai hasil penelitian yang bermanfaat yang tidak terasa sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat banyak. Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Perusahaan Australia telah mengembangkan robot untuk keperluan bioteknologi ini.

Banyak kendaraan terbaru yang telah dilengkapi dengan sistem komputer sehingga penggunaan bahan bakarnya dapat diatur sedemikian rupa sampai taraf sangat efisien untuk sebuah perjalanan yang jauh. Bus-bus penumpang sudah dilengkapi dengan sistem kontrol komputer dan sensor-sensor canggih sehingga mengendarai bus tersebut terasa lebih aman.

Penerapan kontrol komputer yang tercanggih terdapat di pesawat terbang dan pesawat angkasa. Untuk dapat mengatasi berbagai kendala alam dan sulit dilakukan oleh seorang pilot secara manual, sebuah pesawat terbang dapat dikendalikan secara otomatis sehingga bisa terbang dengan selamat di tujuan.

Makna Sistem Komputer

Sama-sama kita ketahui bersama, teknologi telah berkembang dengan cepatnya, pada kala tertentu terjadi berbagai perubahan yang cukup signifikan mengenai pandangan orang terhadap teknologi, walaupun secara esensi teknologi tersebut masih pada kerangka acuan yang ada. Misalnya pada zaman sebelum tahun 2000, orang umum masih memandang sebuah komputer adalah mesin yang biasanya terletak pada sebuah meja dimana pada meja tersebut terdapat keyboard , monitor dan CPU . Atau lebih dikenal dengan Personal Computer . Disamping itu, orang masih membedakan antara komputer dengan handphone , mesin fax , pemutar video, sound system , mesin fotocopy dlsb. Namun semakin ke sini perangkat tersebut semakin sulit untuk dibedakan. Biar pembahasan kita lebih menajam tentang sistem komputer ini, tentu ada baiknya kita membahas dulu apa yang dimaksud dengan sistem dan komputer itu sendiri.

Sistem

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sistem? Secara sederhana sistem dapat diterjemahkan: Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan.

Seperti disebutkan di atas, sistem tidak hanya melibatkan suatu fungsi saja atau prosedur saja, namun merupakan suatu kesatuan dari semua hal yang dilibatkan untuk pekerjaan yang diinginkan dapat terlaksana dengan baik.

Komputer

Nah, sekarang bagaimana dengan komputer, apakah komputer itu? apakah hanya komputer yang selama ini yang sering kita lihat untuk mengetik di meja kantor? Ya! Itu adalah salah satu contohnya.

Komputer berasal dari bahasa latin dari kata Computare, yang berarti menghitung (dalam bahasa Inggris to compute). Secara umum defenisi komputer tersebut adalah suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.

Kita tentu sepaham, komputer tidak mengerti bahasa manusia. Lalu bagaimana perintah manusia tersebut bisa dimengerti oleh komputer? Sedangkan mesin komputer bekerja berdasarkan arus listrik yang ada padanya.

Disinilah dibuat suatu aturan tertentu bagaimana keinginan manusia tersebut bisa diterjemahkan agar mesin bisa memahaminya. Mesin secara elektronik dapat memahami perintah ini dengan beberapa perintah dasar yang dia miliki (instruction set).

Manusia membuat perintah ke komputer melalui sebuah program, dimana program ini berisi instruction set itu tadi. Sehingga secara otomatis melalui program yang telah disusun tersebut komputer bisa mengerti apa yang harus dikerjakannya.

Dengan keterangan di atas, jelaslah bahwa wujud komputer tersebut bisa saja berupa kalkulator , notebook , komputer pribadi , dan lain-lainnya. Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.

Bentuk komputer yang dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (perangkat lunak/software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna. Sebuah komputer yang hanya memiliki perlengkapan elektronik saja atau software saja tidak akan berfungsi. Dengan ada keduanya maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna.

Komputer juga dapat dikembangkan untuk mengontrol peralatan mesin produksi ataupun peralatan rumah tangga. Dengan menambah rangkaian elektronik buatannya, maka komputer biasa bisa dipergunakan untuk mengendalikan peralatan-peralatan industri dan rumah tangga. Adanya kecenderungan pemanfaatan komputer untuk kontrol seperti ini dengan dukungan teknologi chip IC telah memungkinkan orang membuat robot kecil yang berguna seperti robot kendaraan yang dipergunakan dalam misi ruang angkasa.

Sistem Komputer

Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer, dan set instruksi adalah perintah.

Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya

Adanya perkembangan teknologi elektronika dan informatika telah memberikan perangkat tambahan pada sebuah komputer personal seperti:

Mouse, suatu perangkat mekanik untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia. Misalnya melakukan pengecatan mobil. Robot ini dilengkapi oleh perangkat mesin atau komputer baik sederhana maupun komplek yang mampu mengontrol gerakannya.

Modem, alat bantu untuk mengubah data digital ke bentuk data voice atau sebaliknya sehingga data dari sebuah komputer dapat dikomunikasikan ke komputer lain melalui saluran telepon biasa, radio komunikasi ataupun stasiun bumi

Sound card, bagian dari komponen komputer berupa kartu yang berfungsi untuk membangkitkan suara.

Video card, alat untuk menampilkan informasi ke layar monitor.

Kartu penerima televisi, alat untuk penangkap sinyal acara televisi.

Kartu penerima radio, alat untuk menerima gelombang radio.

Ethernet card, alat untuk penghubung dengan komputer jaringan.

Printer, alat pencetak (desk jet, buble jet, laser jet, plotter)

Alat penterjemah gambar cetakan (digitizer dan scanner).









Sistem Komputer dan Informatika

Sistem komputer dan informatika mempunyai keterkaitan yang sangat erat, dan tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, informatika sendiri merupakan disiplin ilmu yang secara spesifik menyangkut pengolahan data simbolik dengan menggunakan mesin otomatisasi atau komputer. Tentu saja komputer yang dimaksud di sini adalah sistem komputer itu sendiri.

Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.


Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.


Device Komputer


Device komputer adalah komponen-komponen pembentuk komputer dan tiap-tiap komponen saling terkait. Adapun fungsi dari masing-masing komponen adalah sebagai berikut:

1. Input Device (Alat Masukan)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer


2. Output Device (Alat Keluaran)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.


3. I/O Ports

Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.


4. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi

operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah

data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.


5. Memori

Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.


6. Data Bus

Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.


7. Address Bus

Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.


8. Control Bus

Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.


Program Komputer


Program komputer (sering kali disebut sebagai perangkat lunak program, atau program saja) merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa program tertentu dan telah ter-install di dalam komputer. Program komputer merupakan contoh perangkat lunak komputer yang menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh komputer. Komputasi ini biasanya dilaksanakan berdasarkan suatu algoritma atau urutan perintah tertentu.Urutan perintah (atau algoritma)merupakan suatu perangkat yang sudah termasuk dalam program komputer tersebut. Tanpa algoritma tersebut program komputer tak dapat berjalan dengan baik.

Klasifikasi Program Komputer

Program komputer memiliki suatu karakter yang unik dalam hal kepemilikan. Hal ini disebabkan karena sifat program komputer itu sendiri, yang mudah untuk direplikasi, didistribusi, dan diubah. Agar lebih mengetahui permasalahannya, berikut ini merupakan kutipan dari tulisan I Made Wiryana, tentang klasifikasi program komputer.

Klasifikasi berdasarkan kepemilikan

Freeware, program jenis ini tidak butuh biaya untuk mendapatkannya, dengan kata lain tidak perlu membeli dari pembuat program alias gratis. Program ini biasanya dikembangkan oleh para hobbies atau peneliti. Biasanya syarat untuk menggunakan program ini adalah, program ini tidak digunakan untuk tujuan komersial atau hanya untuk tujuan pendidikan. Beberapa program yang cukup terkenal dan bersifat freeware adalah LINUX, FreeBSD, GNU. Juga dikenal dengan sebutan public domain software. Beberapa software freeware ini dijual dalam CD-ROM. Perusahaan yang menjual CD-ROM ini tidak menjual program, hanya menjual media CD-ROM. Biasanya pembuat program jenis ini hanya mensyaratkan agar penyebaran programnya dalam bentuk lengkap dan tidak ada perubahan tanpa seizin pembuat program. Jadi walaupun sifatnya public domain, bila kita mengopi dan menyebarkan tidak lengkap maka dapat dikategorikan melanggar kesepakatan. Walaupun gratis bukan berarti program freeware ini tidak bermutu baik, banyak program freeware yang dibuat tidak untuk tujuan komersial atau penguasaan informasi. Suatu gerakan kebebasan informasi yang dikenal dengan nama EFF (Electronic Frontier Foundation) banyak membuat program dan menyediakan program yang baik tetapi bersifat freeware. Produk yang terkenal adalah GCC Compiler.

Shareware, merupakan program klasifikasi yang memiliki cara pembayaran unik, dan saat ini makin populer. Kita dapat mengopi program dengan bebas, dan menggunakannya. Bila kita puas dan memutuskan untuk terus menggunakan program tersebut, kita diharapkan membayar ke perusahaan pembuat program tersebut. Sehingga juga dikenal dengan program try and buy. Perusahaan akan mengirimkan manual dan up-grade yang dilakukan setelah kita membayar program. Beberapa program populer yang tergolong klasifikasi ini adalah PKZIP, PKUNZIP, Netscape. Karena bebas untuk dikopi dan disebarkan, program jenis ini banyak didapatkan pada CD-ROM atau internet site, misal SIMTEL, CICA. Walaupun kita telah membeli CD-ROM yang berisi kumpulan program shareware tersebut, kita belum membayar program, hanya membeli media CD-ROM saja. Banyak pembuat program ini membatasi dengan menggunakan tanggal, jadi bila pengguna telah mencoba lebih dari batas hari yang ditentukan, program tidak akan bekerja.Agar dapat bekerja pengguna harus membayar terlebih dahulu. Pada program klasifikasi ini, kesadaran pengguna jelas dibutuhkan, karena pada kenyataannya banyak program yang tetap dapat dipakai walaupun pengguna tidak membayarnya, dan itu masih sulit digolongkan melanggar kesepakatan.

Commercial ware, program yang biasa dijualbelikan. Kita harus membeli program ini sebelum dapat menggunakannya. Pada saat kita membeli diskette program, atau CD ROM berarti kita telah membeli program untuk jumlah pengguna tunggal atau yang ditentukan. Jadi tidak berarti bila satu kantor telah membeli satu program Wordstar, bila ada lima komputer, berarti haru membeli 5 kopi program. Beberapa perusahaan memberikan on site license. Jadi lisensi memperbanyak diberikan kepada perusahaan yang membeli program tersebut.

Jenis aplikasi program pada penggunaannya akan mempengaruhi keharusan kepemilikan suatu program

Klasifikasi program berdasarkan penggunaan

Sistem Operasi, sistem operasi adalah program yang dibutuhkan suatu komputer sebelum dapat digunakan dengan program lainnya. Biasanya 1 mesin komputer minimal harus memiliki satu sistem operasi. Beberapa Sistem Operasi adalah DOS, Windows, System 7, AIX (commercial), LINUX, FreeBSD (freeware). Kebutuhan yang tak dapat dihindari akan sistem operasi ini mengakibatkan secara logis, setiap satu buah komputer yang dijual harus dilengkapi dengan satu buah program Sistem Operasi.

Microsoft berusaha menekan agar di Indonesia, setiap komputer PC yang dijual harus dilengkapi dengan MS-DOS asli. Tetapi hal ini sekarang mudah ditolak, karena pada saat ini telah banyak beredar program sistem operasi yang freeware, yaitu LINUX dan FreeBSD. Sehingga tekanan Microsoft agar setiap komputer harus membeli sebuah MS-DOS menjadi tidak relevan lagi. Memang bila ditilik dari jumlah PC yang terjual di Indonesia (di Glodok, bukan PC branded) dengan jumlah MS-DOS yang terjual menjadi tak berimbang. Yang menjadi polemik dalam kepemilikan sistem operasi adalah keadaan berikut. Bila kita membeli suatu program sistem operasi, misal MS DOS. Kemudian kita membuat disk system (disk yang dapat digunakan mem-boot komputer). Disk system ini dapat digunakan di komputer lain yang tak memiliki MS DOS untuk mem-boot dan beroperasi. Yang menjadi pertanyaan, apakah tindakan ini melanggar kesepakatan, atau tidak. Karena program yang digunakan untuk membuat sistem adalah program asli, menjadikan komputer lainnya tidak membutuhkan pembelian sistem operasi yang asli.

Program aplikasi, program yang digunakan untuk berbagai keperluan, misal wordprocessor, spread sheet, graphics editor dll. Setiap pengguna membutuhkan program aplikasi yang berbeda-beda. Banyak program aplikasi yang bersifat freeware, tetapi sebagian besar pengguna memakai program aplikasi yang komersial, seperti MS-WORDS, WORDSTAR dll. Sehingga akan terasa janggal bila untuk suatu perusahaan besar, sama sekali tidak pernah membeli program aplikasi, seperti wordprocessor atau spread sheet.

Klasifikasi program berdasarkan jumlah pengguna

Single user, program jenis ini berarti pada saat yang bersamaan hanya dapat dipakai oleh seorang pengguna, biasanya yang dijalankan di komputer mandiri.

Multi user, program jenis ini dapat digunakan oleh banyak user baik pada saat bersamaan atau tidak. Biasanya untuk program-program di jaringan komputer.

Multi concurrent user, program jenis ini dapat digunakan banyak user pada saat bersamaan, jadi pembatasannya pada saat bersamaan, oleh siapa pun. Sehingga dapat oleh satu orang pengguna tetapi menjalankan program yang sama. Harga program akan berbeda apakah untuk satu user atau multi user, contoh program Novell Netware (untuk Local Area.






3 komentar:

anyme mengatakan...

Kurang komplit

Anonim mengatakan...

gj pool .blogspot.com

dyah Mehue mengatakan...

thanks ya
ini membantu banget buat aku yang kuliah informatika di prancis
kalw ada yg aku bingung aku cari versi indonya
dan dapat dech ini blog
thanks ya

dyah

Template Design n Modified by f4123n™